Contoh Negara-Negara Berkembang, (Meksiko, Brasil, India, Mesir, Kenya)

Contoh Negara-Negara Berkembang


Negara-negara berkembang sebagian besar terdapat di Asia, Amerika Latin, Afrika, dan Amerika Tengah. Beberapa contoh negara berkembang yang akan kita bahas lebih jauh adalah Meksiko, Brasil, India, Mesir, dan Kenya.

Negara-negara tersebut tergolong negara berkembang karena perekonomian utamanya masih didominasi oleh sektor pertanian. Di kawasan Asia Tenggara, satu-satunya negara yang tidak termasuk negara berkembang adalah Singapura karena 50% lebih penduduknya bekerja di sektor industri dan jasa.

1. Meksiko

Nama asli negara Meksiko adalah Estados Unidos Mexicanos. Pada awalnya Meksiko diperintah oleh raja-raja, kemudian terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh seorang bekas tentara Spanyol dan berhasil memproklamasikan kemerdekaan Meksiko. Antara tahun 1836 sampai 1846 Meksiko berperang dengan Amerika Serikat sehingga kehilangan beberapa wilayahnya yaitu California, Texas, New Meksiko, dan Arizona yang kini telah menjadi negara bagian di Amerika Serikat.

a. Letak dan Batas

Negara Meksiko merupakan negara yang secara geografis terletak di Amerika Utara akan tetapi mempunyai kebudayaan Amerika Latin. secara astronomi Meksiko terletak antara 15oLU–32oLU dan antara 87oBB–117oBB. Batas wilayahnya di sebelah utara Amerika Serikat, sebelah timur Teluk Meksiko, Belize, Guatemala, sebelah selatan dan barat Samudra Pasifik.

b. Keadaan Alam

Sebagian besar wilayah Meksiko merupakan dataran tinggi Plato Tengah yang merupakan daerah pemusatan penduduk yang dikelilingi oleh pegunungan. Tiga pegunungan utama yang mengelilingi negara Meksiko adalah Pegunungan Sierra Madre Ocidental di bagian barat merupakan perpanjangan dari Pegunungan Rocky di Amerika Serikat; Pegunungan Sierra Madre Oriental di bagian timur merupakan perpanjangan dari Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Sierra Madre Del Sur di bagian Selatan.

Puncak tertinggi di Meksiko adalah Gunung Citlaltepelt (5.700 m). Sungai utamanya adalah Sungai Rio Grande yang merupakan batas alam antara Meksiko dengan Amerika Serikat.

c. Iklim

Secara astronomis Meksiko memiliki iklim tropis dan subtropis dengan curah hujan yang berbeda antara bagian utara dan tenggara. Bagian utara kering dan di bagian tenggara sangat basah karena dipengaruhi angin pasat yang berasal dari Teluk Meksiko dan Laut Karibia. Iklim fisiknya antara lain iklim panas di daerah selatan, iklim sedang di bagian Plato Tengah, iklim dingin terdapat di sekitar Mesa Central, dan iklim beku di puncak-puncak gunung.

d. Keadaan Penduduk

Penduduk Meksiko terdiri atas penduduk asli, pendatang dan campuran. Penduduk aslinya adalah orang-orang Indian, penduduk pendatangnya berasal dari Eropa terutama Spanyol dan Portugis yang membawa kebudayaan Latin. Adapun penduduk campurannya adalah Mestis, Amerindian dan bangsa Negro.

Pada masa lampau bangsa Meksiko memiliki kebudayaan yang tinggi yaitu warisan dari bangsa Aztec yang meliputi bidang seni, sosial, dan politik.

e. Kegiatan Ekonomi

Pertanian dan pertenakannya dilakukan di daerah plato tengah. Hasil pertaniannya meliputi jagung, kopi, tembakau, dan sisal. Adapun binatang ternak yang dihasilkan antara lain lembu, kuda, babi, dan unggas.

Pertambangan utamanya adalah perak yang terdapat di Tazco, Guanajuato, Pachuca. Meksiko merupakan penghasil perak terbesar di dunia. Hasil tambang lainnya antara lain tembaga, minyak bumi, belerang, timah, dan gas alam. Perindustriannya masih dalam tahap perkembangan. Hasil industri utamanya adalah tekstil di Meksiko City dan Pueblo. Industri baja terdapat di Mounterrey, Toluca, dan Las Truchas. Hasil industri lainnya adalah elektronika, pengolahan karet, dan minyak bumi.

Contoh Negara-Negara Berkembang, (Meksiko, Brasil, India, Mesir, Kenya)

2. Brasil

Brasil merupakan negara terluas di kawasan Amerika Selatan. Banyak sebutan yang ditujukan kepada Brasil seperti negeri Samba, raja kopi dunia, bahkan tekenal sebagai negara dengan pemain sepak bola yang terkenal di dunia. Negara Brasil pertama kali ditemukan oleh pelaut dari Portugis yang dipimpin oleh Pedro Alvares Cabral.

Pada tahun 1815 Brasil menjadi sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Raja John VI dari Portugis. Setelah kembali ke Portugis pada tahun 1821, Raja John VI menyerahkan wilayah kekuasaannya kepada putranya yang bernama Don Pedro. Brasil menjadi negara republik pada tahun 1889.

a. Letak dan Batas

Secara Astronomis Brasil terletak antara 5oLU–34oLS dan 35oBB–74oBB. Batas-batas wilayahnya di sebelah utara adalah Venezuela, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. Di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik, sebelah selatan dengan Uruguay, Paraguay, dan Argentina. Adapun di sebelah barat Brasil berbatasan dengan Columbia, Peru, dan Bolivia.

b. Keadaan Alam

Secara garis besar keadaan alam Brasil adalah sebagai berikut.
1) Lembah Amazon, merupakan lembah terluas di dunia yang terletak di antara Dataran Tinggi Brasil di bagian selatan dan Dataran Tinggi Guyana di bagian utara. Daerah ini sebagian besar tertutup oleh hutan tropis yang terluas di dunia yaitu Hutan Amazon.

2) Dataran Tinggi Brasil terletak di sebelah selatan muara Sungai Amazon. Di wilayah ini banyak terdapat padang sabana yang disebut campos. Dataran Tinggi Brasil sering disebut jantungnya Brasil karena terletak di tengahtengah wilayah Brasil dan merupakan sumber mata air dari beberapa sungai besar seperti Sungai Paranaiba, Sungai Tapajos, Sungai Sao Fransisco, dan Sungai Amazon.

3) Dataran Tinggi Guyana terletak di sebelah utara Lembah Amazon yang merupakan batas alam dengan negara Venezuela, Guyana, dan Suriname. Di daerah ini terdapat gunung tertinggi di Brasil yaitu Gunung Nebila (3.014 m).

c. Keadaan Penduduk

Sebagian besar penduduk Brasil terpusat di bagian timur yang berhadapan dengan Samudra Atlantik. Penduduknya merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang. Jumlah terbanyak adalah orang Portugis 60%, orang Mestizo 26%, orang Afrika 9%, dan 2% campuran etnis lain. Penduduk aslinya adalah orang Indian, sedangkan pendatangnya berasal dari Eropa, Asia, dan Afrika.

d. Kegiatan Ekonomi

Perekonomian Brasil didukung oleh beberapa sektor berikut.

  1. Pertanian dengan daerah pertanian terpusat di sekitar Lembah Sungai Amazon. Hasil pertanian utamanya adalah kopi yang banyak ditanam di dataran tinggi sekitar Brasilia, Rio de Janeiro, dan Sao Paulo. Daerah perkebunan kopi disebut Fasenda. Brasil merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia sehingga mendapat julukan sebagai negara raja kopi dunia. Hasil pertanian lainnya jagung, gandum, kopi, tembakau, kacang, kapas. 
  2. Perdagangan dengan pusat perdagangan terdapat di Sao Paulo. 
  3. Pertambangan, hasil tambangnya berupa bijih besi di Belo Horizonte, batu bara di Tubarau dan Rio Grande De Sul. Minyak bumi di Bahia dan Alagoas. Tembakau di Belo Horizonte.  
  4. Perindustrian, terpusat di Rio de Janeiro, Sao Paulo, dan Belo Horizonte. Hasil industrinya antara lain tekstil baja, semen, pupuk, kertas, ban mobil.


3. India

India merupakan negara bekas jajahan Inggris yang memperoleh kemerdekaan pada tanggal 15 Agustus 1947. Sebelum menjadi koloni Inggris, Ibukotanya bernama Indra Prasta dan setelah merdeka menjadi New Delhi. Dua tokoh India yang terkenal dalam masa perjuangan adalah Mahatma Gandhi dan Pandit Jawaharlal Nehru.

a. Letak dan Batas

Negara India terletak di kawasan Asia Selatan di daratan yang merupakan jazirah atau semenanjung besar yang diapit oleh Laut Arab dan Teluk Benggala. Secara astronomis India terletak antara 8oLU–37oLU dan antara 68oBT–97oBT. Batasbatas wilayahnya yaitu sebelah utara adalah Nepal, Bhutan, dan Cina. Di sebelah timur berbatasan dengan Myanmar, Bangladesh, dan Teluk Benggala. Di sebelah barat berbatasan dengan Pakistan dan Laut Arab. Adapun di sebelah selatan berbatasan dengan Srilanka dan Samudra Hindia.

b. Keadaan Alam

Secara garis besar keadaan alam India dibagi tiga sebagai berikut.
1) Bagian utara, merupakan daerah Pegunungan Himalaya yang bersambung dengan Pegunungan Hindukush di bagian barat. Di antara Pegunungan Hindukush dengan Pegungungan Himalaya terdapat celah yang dapat dijadikan jalur menuju Asia Tengah yaitu Celah Kaiber (Kaiber Pass).

2) Bagian tengah, di wilayah ini terdapat dataran rendah yang luas dan subur karena dialiri oleh dua sungai besar yaitu Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra yang bermuara ke Teluk Benggala. Pertanian India terpusat didaerah dataran rendah ini.

3) Bagian selatan, di mana terdapat dataran tinggi yang luas yaitu Dataran Tinggi Dekan yang diapit oleh Pegunungan Ghat Barat di bagian barat dan Pegunungan Ghat Timur di bagian timur. Di Dataran Tinggi Dekan mengalir Sungai Godavari, Sungai Kistna, dan Sungai Mahamadi yang bermuara di Teluk Benggala.

c. Keadaan Penduduk

India merupakan negara yang jumlah penduduknya terbesar ke dua di dunia setelah Cina. Mayoritas penduduk India beragama Hindu yang mengenal adanya beberapa kelompok penduduk (kasta) yang keanggotaannya ditentukan berdasarkan kelahirannya.

Kota suci umat Hindu terdapat di Benares dan Allahabad yang terletak di aliran Sungai Gangga. Selain agama Hindu, terdapat juga agama Sikh dengan kota sucinya Amritsar. Di kota Agra terdapat bangunan yang terkenal dengan arsitekturnya yaitu Taj Mahal. Bangunan ini dipersembahkan untuk permaisuri Kaisar Mogul, Shah Jehan.

Penduduk India terdiri atas empat kelompok besar sebagai berikut.
1) Bangsa Dravida, merupakan penduduk asli berkulit hitam yang tinggal di daerah Dataran Tinggi Dekan bagian selatan.

2) Bangsa Hindu, merupakan keturunan bangsa Arya yang berkulit putih, sebagian besar tinggal di daratan rendah Hindustan atau Lembah Sungai Gangga.

3) Bangsa Mongol, adalah orang-orang keturunan Mongol yang banyak tinggal di daerah Assam, Benggala dan lerang-lereng Pegunungan Himalaya.

4) Bangsa Munda, merupakan bangsa yang kehidupannya masih primitif dan sederhana. Mereka banyak berdiam di daerah-daerah pegunungan.

d. Kegiatan Ekonomi

Kegiatan perekonomian India meliputi pertanian,pertambangan, dan perindustrian. Daerah Pertanian terdapat di Dataran Rendah Sungai Gangga, Dataran Tinggi Dekan, dan daerah Assam. Hasil pertaniannya antara lain kapas, teh, yute (bahan karung goni), padi, tebu, dan tembakau.

India kaya akan hasil tambang antara lain mangan yang terdapat di Madras, Orissa, dan Bihar. India adalah pengekspor mangan terbesar di dunia. Mika menempati urutan keempat dunia. Daerah pertambangannya terdapat di Dataran Tinggi Dekan dan Bihar. Hasil tambang lainnya yaitu emas, bijih besi, batu bara, dan bauksit.

Di kawasan Asia Selatan, industri India tergolong paling maju. Hasil-hasil industrinya antara lain peleburan bijih besi di Jamshedpur, tekstil di Bombay, Madras, dan Ahmadabad. Industri yute di Kalkuta, industri pesawat terbang di Kanpur. Industri kapal di Bombay, Kalkuta, dan Visakhapatnam. Adapun industri perfilman Bollywood terdapat di Bombay.

4. Mesir

Mesir merupakan negara bekas jajahan Inggris yang setelah merdeka menjadi kerajaan konstitusional dengan Raja Fuad I sebagai raja yang pertama. Nama resmi Mesir adalah Jumhuriat Misr el Arabia. Pada tanggal 23 Juli 1952 terjadi pemberontakan yang dipimpin Jenderal Muhammad Naquib yang berhasil menumbangkan kerajaan. Pada tanggal 18 Juni 1953 sistem kerajaan dihapus, selanjutnya diganti negara republik dengan presiden pertamanya adalah Jenderal Muhammad Naquib.

Di Mesir terdapat Terusan Suez yang menghubungkan antara Laut Merah dengan Laut Tengah. Terusan ini dibangun oleh Ferdinan de Lesseps (dari Prancis pada tahun 1859-1869) yang penggaliannya melewati beberapa danau yaitu Danau Timzeh, Danau Bellah, dan Danau Pahit. Panjang Terusan Suez kurang lebih +166 km yang menghubungkan Kota Suez dengan Port Said. Dengan adanya terusan ini, perekonomian Mesir berkembang pesat, karena merupakan jalur transportasi laut yang menghubungkan  Benua Eropa dengan Benua Asia.

a. Letak dan Batas

Negara Mesir terletak di wilayah Afrika Utara dan merupakan satu-satunya negara di Benua Afrika yang berbatasan darat langsung dengan Benua Asia. Secara astronomis, Mesir terletak antara 22oLU–32oLU dan  antara 25oBT–36oBT. Batas-batas wilayahnya antara lain di sebelah timur dengan Laut Merah, Palestina, dan Yordania. Di sebelah selatan berbatasan dengan Sudan, di sebelah barat dengan Libia, dan sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah.

b. Keadaaan Alam

Secara garis besar keadaan alam Mesir dibagi menjadi lima wilayah sebagai berikut.

  1. Gurun Barat atau Gurun Libia merupakan daerah terluas dari wilayah Mesir. Di daerah ini dijumpai depresi atau cekungan yang lebih rendah dari permukaan laut yaitu Depresi Qattara (+137 m di bawah permukaan laut). Sumber-sumber air atau oase banyak dijumpai di daerah ini, di antaranya Oase Faranfra, Oase Kharijah, dan Oase Siwa. 
  2. Gurun Timur atau Gurun Arab, terletak di antara Sungai Nil dengan Laut Merah. Sebagian besar Gurun Arab merupakan dataran tinggi yang gersang dan rangkaian pegunungan sempit dengan puncaknya Gunung Shayed (2.175 m). 
  3. Semenanjung Sinai, terletak di sebelah timur Terusan Suez. Di kawasan ini terdapat pegunungan yang tandus dan berbatu kapur dengan puncak tertingginya Gunung Khaterina (2.637 m). 
  4. Delta Sungai Nil Delta Nil merupakan dataran alluvial yang sangat luas, membentang dari Kairo sampai Laut Tengah, dan dari Iskandariah sampai Port Said sepanjang +250 km. Daerah ini dijadikan kawasan pertanian karena mempunyai tanah yang subur. Delta ini terbentuk dari proses pengendapan yang berlangsung lama dari Sungai Nil di bagian muaranya. 
  5. Lembah Sungai Nil Sungai Nil merupakan sungai yang terpanjang di dunia (6.690 km). Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang subur dan menjadi pusat permukiman penduduk. Letaknya membentang sepanjang 1.300 km dari perbatasan Sudan sampai Laut Tengah Di Sungai Nil terdapat Bendungan Aswan yang berguna untuk irigasi dan pembangkit listrik. 


Sumber mata air Sungai Nil berasal dari Danau Victoria di Afrika Tengah dan Danau Tana di Ethiopia, kedua sungai tersebut bertemu di Khartoum (Sudan). Sungai Nil sangat penting bagi perekonomian Mesir. Adapun manfaatnya antara lain sebagai sarana transportasi, irigasi bagi pertanian, PLTA, sumber air minum, dan wisata air.

Mesir berdasarkan letak astronominya beriklim subtropis di bagian utara sepanjang Laut Tengah dan iklim darat atau gurun di bagian tengah.

c. Keadaan Penduduk

Penduduk Mesir terdiri atas tiga kelompok utama yaitu Suku Bangsa Arab dan Hamid yang berkulit putih serta Suku Bangsa Numbia yang berkulit hitam. Persebaran penduduk Mesir tidak merata, karena sebagian besar wilayahnya berupa gurun pasir.

Penduduknya terkonsentrasi di Kairo dan Iskandariah. Penduduk Mesir yang mayoritas beragama Kristen tinggal di kota yang disebut Kopta. Kebudayaan Mesir termasuk tinggi, hal ini dapat dilihat dari peninggalannya sejarahnya antara lain piramida yaitu kuburan raja-raja, spinx yaitu patung singa berkepala manusia, obelisk yaitu tugu segi empat yang terbuat dari batu, dan hieroglif yaitu tulisan dan lukisan Mesir Kuno.

Piramida dan spinx terbesar terdapat di Giza. Di Kairo terdapat universitas Islam tertua di dunia yaitu Universitas Al-Azhar yang didirikan pada tahun 910 Masehi.

d. Kegiatan Ekonomi

Perekonomian Mesir didukung oleh beberapa sektor sebagai berikut.
1) Pertanian
Pertanian Mesir berkembang pesat setelah dibangunnya bendungan-bendungan seperti Aswan dan Assuit. Daerah pertaniannya terpusat di sekitar lembah Sungai Nil dan Delta Sungai Nil yang subur. Petani-petani Mesir disebut Fellahin. Hasil pertaniannya berupa kapas, gandum, jagung, kurma, buah-buahan, padi, dan minyak zaitun. Kapas merupakan komoditas ekspor terbesar dari Mesir.

2) Pertambangan
Hasil pertambangan Mesir antara lain minyak bumi yang terdapat El Alamin Qattarana, sekitar Terusan Suez. Bijih besi terdapat di sekitar Bendungan Aswan, mangan terdapat di Semenanjung Sinai, dan fosfat di Pantai Laut Merah.

3) Perindustrian
Mesir merupakan negara yang perkembangan industrinya nomor dua di Afrika setelah Afrika Selatan. Hasil industrinya antara lain tekstil, pupuk, semen, bahan kimia, baja, gula, dan rokok. Pusat-pusat industrinya terdapat di Kairo, Iskandariah, dan di sekitar Terusan Suez.

5. Kenya

Nama resmi Kenya adalah Jamhuriya, sedangkan nama Kenya diambil dari nama gunung tertinggi di negara ini, yaitu Gunung Kenya.

a. Letak dan batas

Kenya merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Afrika Timur yang berhadapan dengan Samudra Hindia di bagian timurnya. Secara astronomis, Kenya terletak pada 5oLU–5oLS dan antara 35oBT–45oBT. Batas-batas wilayahnya yaitu sebelah utara berbatasan dengan Ethiopia, dan Sudan.

Di sebelah timur berbatasan dengan Somalia dan Samudra Hindia. Adapun di sebelah selatan berbatasan dengan Tanzania, dan di sebelah barat dengan Uganda.

b. Keadaan Alam

Keadaan alam Kenya secara garis besar dikelompokkan menjadi empat bagian sebagai berikut.

  1. Dataran pantai yang merupakan sabuk pesisir di bagian timur dengan pasir putihnya dan banyak dijumpai terumbu karang. 
  2. Dataran tinggi, terdapat di sekitar Gunung Kenya (5.193 m) yang merupakan gunung tertinggi di Afrika setelah Gunung Kilimanjaro (5.963 m) di Tanzania. 
  3. Daerah Sabana atau semak belukar merupakan daerah yang cukup luas membentang dari utara ke selatan. Pemerintah Kenya menjadikan daerah ini sebagai taman nasional untuk melindungi binatang-binatang langka. 
  4. Lembah Retak Besar merupakan kawasan lembah yang sangat luas membentang dari utara ke selatan di bagian barat Kenya.

Di sepanjang lembah besar ini terdapat banyak danau besar, yaitu Danau Victoria yang merupakan danau terbesar di Afrika dan berada di tiga negara yaitu Tanzania, Uganda, serta Kenya. Danau-danau yang lain Danau Naivasha, Danau Rudolf, dan Danau Nahuru.

Sungai-sungai utamanya adalah Sungai Tana dan Sungai Athi yang bermuara ke Samudra Hindia. Iklim yang berlaku di negara Kenya adalah iklim tropis karena merupakan salah satu negara di Afrika yang dilewati garis khatulistiwa.

c. Keadaan Penduduk

Penduduk Kenya berdasarkan bahasa dan kebudayaannya dikelompokkan menjadi empat kelompok yaitu Suku Kikuyu atau Bantu merupakan suku terbesar, Suku Luo atau Nilot, Suku Luhya, dan Suku Masai yang merupakan suku primitif yang hidupnya nomaden atau berpindah-pindah.

Suku Kikuyu mendominasi kehidupan politik Kenya. Suku ini mempunyai kepercayaan bahwa gunung atau pohon yang besar dianggap keramat dan merupakan tempat tinggal para dewa yang disebut Ngai.

d. Kegiatan Ekonomi

Sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian Kenya, karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian untuk komoditas ekspor antara lain teh, kopi, sisal, dan pirethrum yaitu bahan campuran insektisida. Kenya menjadi negara penghasil pirethrum terbesar dunia.

Di sektor pertanian, Kenya merupakan salah satu negara penghasil susu terbesar di Afrika. Binatang ternak yang dipelihara yaitu lembu, kambing, domba, dan unta. Kenya tidak banyak mempunyai hasil tambang, sehingga tidak cukup untuk kebutuhan dalam negeri. Hasil tambangnya yaitu minyak bumi terdapat di lembah Sungai Tana.

Selain itu ditemukan juga asbes, batu kapur, abu soda, bijih besi, perak, dan tembaga. Abu soda dan batu kapur menjadi komoditas ekspor utamanya. Perindustrian Kenya belum berkembang baik dan terbatas pada industri yang memproses hasil pertanian. Industri-industri lainnya adalah industri kimia, semen, dan tekstil.