Tuesday, February 14, 2017

Gara-gara Tulisan 'Jangan Ngarep 2', Jadi Masalah.

info-terkini.com
info-terkini.com
Sekretariat RW 01 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara membagikan kacamata baca gratis, di Kantor Sekretariat RW 01, di Jalan Mahakam Raya Kelurahan Semper Barat, pada Senin (13/2/2017) pagi.

Di lokasi itu, sejumlah masyarakat setempat hingga saat ini, juga masih mengantre untuk mendapatkan kacamata tersebut.

Pantauan Warta Kota di lokasi, sejumlah warga terlihat rela menyisakan waktunya cukup lama hanya untuk antre serta mendapatkan kacamata baca plus-minus itu. Di lokasi para warga juga mencoba kacamata gratis tersebut.

Antrean saat itu cukup banyak dan panjang. Namun, tidak nampak mimik wajah kelelahan dan keluhan dari sejumlah warga setempat.

"Saya dapat informasi dari kemarin, kataknya pihak RW 01 bakalan membagikan ribuan kacamata baca gratis pak. Ya kapan lagi gratis. Kacamata sekarang kan mahal-mahal ya, dan lumayan lah pak. Saya jadi bisa baca tulisan SMS, WA (Whatsapp) dan aplikasi lain di handphone saya," ungkap Ratih (33) warga setempat.

Disinggung terkait kegiatan itu mengandung unsur politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Utara, Ratih mengaku tak tahu menahu. Bahkan ia tak tahu kegiatan ini pun sudah menjadi viral di media sosial (medsos).

"Saya kira ini kegiatan biasa-biasa saja pak. Memang, tadi ada warga ngasih lihat ke saya kalau ada selembaran acara ini. Saya lihat, yang viral yang tulisan 'Jangan ngarep 2' itu kan? Sebenarnya saya juga enggak paham. Saya pikir-pikir acara ini bagus, dan enggak ada unsur politik ah," katanya saat di lokasi.

Sementara warga lainnya, Imam (28) mengaku senang jika mendapatkan kacamata baca gratis tersebut. Menurutnya ia sangat membutuhkan kacamata baca tersebut agar bisa membaca dengan baik.

"Sekarang-sekarang ini mata saya emang rada kurang nih pak. Memang harus pakai. Sebab, mulai kesulitan sayanya membaca," katanya.

Disinggung kegiatan tersebut menjadi viral di media sosial (medsos), dikatakannya tahu akan hal tersebut. Ia akui jika kegiatan tersebut tak sedikitpun ada unsur politik ataupun menyinggung salah satu calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

"Mungkin maksud diselembaran itu, yang punya e-KTP itu (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) harus satu serta dapat satu kacamata. Jangan harap dapat dua kacamata baca ya. Malah bisa dapat tiga katanya pak. Kalau saya dengar dari obrolan warga di sini sih begitu," ungkapnya.

Ketua Panitia Pembagian Kacamata Gratis Sekretariat RW 01, Eko Subroto, memaparkan terkait kegiatan pembagian kacamata baca tersebut. Diketahui, sekitar 2000 kacamata baca akan dibagikan bertujuan menyukseskan Pilkada DKI Jakarta.

"Pengurus RW 01 Kelurahan Semper Barat memang sudah sepakat untuk menggelar pembagian kacamata baca yang gratis. Pembagian kacamata baca gratis berdasarkan pada kebutuhan warga untuk membaca. Kecenderungan warga butuh kacamata untuk bisa baca SMS, WhatsApp dan jenis lainnya. Dipilihnya kacamata baca karena orientasi, karena memang di dunia ini kita butuhkan mata. Untuk membaca dan untuk melihat berbagai macam. Makanya itu kami pun memilih kacamata baca," kata Eko.

Ia mengatakan, kegiatan pembagian kacamata baca gratis dilakukan sejak pukul 08.00 WIB, hingga pukul 20.00 WIB. Ia menambahkan, apabila kacamata tersebut dikhususkan bagi warga yang sudah lanjut usia.

"Sejauh ini sebanyak 900-an warga yang datang ke Kantor Sekretariat RW 01 untuk mendapatkan kacamata gratis ini. Kacamata ini, diprioritaskan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu warga RW 01. Dari sebanyak 20 RT yang ada, setiap RT itu dibagikan kupon sebanyak 100 lembar," ungkapnya.

#Nazar Ketua RW 01

Eko menjelaskan acara tersebut digelar dalam rangka janji Ketua RW 01, Dali Mahdali, yang saat ini tengah menjalani ibadah umroh. Dali, kata Eko, berjanji akan bernazar lewat pembagian kacamata baca gratis.

"Ini digelar dalam rangka janji (nazar) dari Ketua RW 01. Ini semua (Kegiatan Pembagian Kacamata Baca Gratis), untuk biayanya memang dari pak Dali. Nazarnya itu, dengan cara membagikan kacamata baca kepada warga, sebelum yang bersangkutan berangkat umroh. Hari ini, hari spesialnya si Ketua RW 01 (Dali). Jadi 100 persen pembagian ini dibiayai oleh Pak RW 01," ungkapnya.

Jika ingin mendapatkan kacamata baca secara gratis harus menyiapkan e-KTP dan harus berdomisili RW 01 Kelurahan Semper Barat.

"Syaratnya bagi warga yang ingin mendapatkan Kacamata Baca ini dengan menunjukkan KTP, apabila warga tersebut asli tinggal di RW 01. Anak-anak juga bisa dapat menerima kacamata baca apabila membawakan Kartu Keluarga (KK), ke Pihak Sekretariat RW 01. Setiap keluarga, memang bisa mendapat tiga buah kacamata baca," ucapnya.

Disinggung terkait adanya isi tulisan di selembaran kupon yang bertuliskan 'Per-KTP harus 1, jangan ngarep 2, per-keluarga boleh 3. Ingat, ingat, jangan ngarep 2 kacamata', langsung ditanggapi Eko.

"Maksud dari tulisan di kupon itu memang sebagai bentuk dorongan untuk mensukseskan Pilkada. Tidak ada maksud politik di dalam tulisan di selembaran itu. 

Imbauannya kita sukseskan Pilkada 15 Februari 2017. Semua di rapat RW ini kita harus sukseskan. Kita netral. Selain itu, mengenai soal tulisan itu jadi per-KTP hanya bisa dapat 1 kacamata, Dan tidak bisa ngarep dapet 2 kacamata. Tapi dalam 1 keluarga bisa dapat maksimal 3 kacamata," ucapnya.(Sb/Mohamad Yusuf/tribunnewscom)
info-terkini.com


EmoticonEmoticon