Thursday, January 5, 2017

Waspada Gejala Mudah Lelah! 10 Kondisi Medis penyebab mudah lelah

info-terkini.com
info-terkini.com

Waspada Gejala Mudah Lelah! 10 Kondisi Medis penyebab mudah lelah


Anda sudah cukup tidur selama 8 jam namun masih merasa lelah, berhati-hatilah terlebih lagi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain seperti:

  • Nyeri kepala/pusing berputar
  • Mata buram
  • Penurunan atau peningkatan berat badan secara tiba-tiba
  • Badan atau kaki bengkak
  • Susah BAB
  • Insomnia
  • Depresi

Mudah Lelah

Berikut adalah 10 kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah:

1. Penyakit Celiac


Merupakan suatu kondisi medis karena intoleransi makanan dimana tubuh Anda menjadi sensitif terhadap gluten yang biasanya terkandung pada roti, kue dan sereal. Selain mudah lelah, gejala-gejala penyakit celiac antara lain: diare, anemia dan penurunan berat badan.

2. Anemia


Salah satu kondisi medis yang paling sering mengakibatkan tubuh mudah lelah adalah anemia defisiensi besi. Hal ini biasanya menyerang wanita hamil atau sedang menstruasi yang banyak. Biasanya orang yang mengalami anemia defisiensi besi, tanpa melakukan hal apapun akan merasakan mudah lelah dan berat pada otot.

3. Chronic fatigue syndrome


Chronic fatigue syndrome atau myalgia encephalomyelitis merupakan suatu kondisi sering mudah lelah dan parah yang berlangsung selama minimal 6 bulan. Biasanya disertai juga dengan gejala lain seperti nyeri tenggorokan, nyeri otot dan persendian serta nyeri kepala.

4. Sleep Apnea


Sleep apnea adalah kondisi dimana terjadi penyempitan tenggorokan dan menutup selama tidur dan mengganggu pernafasan sehingga dapat menyebabkan tidur mendengkur / mengorok dan penurunan kadar oksigen dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan Anda mudah terbangun dan merasa lelah keesokan harinya.

5. Underactive thyroid


Kadar hormon tiroid yang rendah di dalam tubuh dapat menyebabkan Anda mudah lelah, peningkatan berat badan dan nyeri otot.

6. Diabetes


Salah satu gejala utama diabetes yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi adalah mudah lelah. Gejala lainnya antara lain sering buang air kecil, mudah haus dan penurunan berat badan.

7. Glandular fever


Glandular fever adalah infeksi virus yang seringkali menyebabkan gejala mudah lelah, demam, nyeri tenggorok dan pembengkakan kelenjar. Penyakit ini sering menyerang remaja dan dewasa muda.

8. Depresi


Selain membuat Anda merasa sedih mendalam, depresi juga dapat menguras energi Anda, susah tidur dan merasa lelah keesokan harinya.

9. Restless legs syndrome


Restless legs syndrome menyebabkan Anda merasakan sensasi yang tidak nyaman pada tungkai, kesulitan untuk mencegah gerakan involunter pada tungkai Anda atau tungkai Anda bergerak dengan sendirinya di malam hari.

10. Gangguan cemas


Merasa cemas atau khawatir sesekali merupakan hal normal. Namun pada beberapa orang, hal ini terjadi secara konstan, merasa mudah cemas, gugup atau gelisah tanpa adanya alasan yang jelas. Hal ini akan mengganggu aktivitasnya sehari-hari dan menyebabkan Anda menjadi mudah lelah.(sb:klikdoktercom)
info-terkini.com


EmoticonEmoticon