Monday, January 16, 2017

Luar Biasa! Jasa 'trio panser tua' Kostrad saat pemberontakan G30S PKI

info-terkini.com
info-terkini.com

Luar Biasa! Jasa 'trio panser tua' Kostrad saat pemberontakan G30S PKI


Usianya alusista TNI yang satu ini sudah tua. Namun berkat perawatan yang baik oleh pasukan Kavaleri Kostrad, panser-panser ini masih bisa digunakan.

Kikav 8 Kostrad melaksanakan pemeliharaan harian dan pemeliharaan mingguan Ranpur di Markas Kompi Kavaleri 8 Kostrad, Jabung, pekan lalu.

Pemeliharaan Ranpur ini ditujukan pada Ranpur Panser Saladin, Panser Saracen dan Panser Ferret. Trio panser ini, Ferret, Saracen, dan Saladin merupakan buatan asal pabrikan Alvis dari Inggris. Ketiganya sama-sama didatangkan pada awal tahun 60-an ke Indonesia.
Panser

Pemeliharaan gerak Ranpur dilaksanakan dengan mengelilingi asrama Kikav 8 Kostrad dan Brigif Para Raider 18 Kostrad sejauh 4 Km. Kegiatan pemeliharaan gerak Ranpur memiliki tujuan untuk memanaskan mesin dan mengecek seluruh sistem yang terdapat pada Alutsista tersebut.

Selain pemeliharaan gerak Ranpur, dilaksanakan juga pengecekan kepada seluruh Alutsista meliputi sistem kemudi, pengereman, kelistrikan dan pengapian Ranpur, dengan pengecekan ini dapat diketahui sistem yang terdapat pada Alutsista tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Pejabat sementara Komandan Kompi Kikav 8 Kostrad, Lettu Kav Edward menyampaikan, "Alutsista ini sudah berumur, sangat perlu untuk lebih diperhatikan mengingat Trio Panser ini memiliki sejarah yang sangat menentukan pada saat terjadinya pemberontakan G30S/PKI, Trio Panser ini pada saat itu sebagai pelindung sekaligus benteng Istana Negara saat terjadinya pemberontakan," ujarnya.

Edward menambahkan bahwa, "Meski sudah berusia lanjut, Trio Panser ini masih aktif dioperasikan hingga saat ini, kiprahnya bisa dilihat dalam tiap latihan tempur yang dilaksanakan oleh Kikav 8 Kostrad. Trio Panser ini masih dapat menunjukkan performanya saat melewati medan-medan latihan yang ekstrim," pungkasnya.

Dulu selain misi-misi tempur, panser-panser Kostrad ini pula lah yang membawa jenazah pahlawan revolusi dari Hankam ke Taman Makam Pahlawan.(sb/merdekacom)
info-terkini.com


EmoticonEmoticon