Monday, January 23, 2017

Luar Biasa! Inggris luncurkan sistem peringatan perempuan hamil di kereta, apa maksudnya?

info-terkini.com
info-terkini.com

Luar Biasa! Inggris luncurkan sistem peringatan perempuan hamil di kereta, apa maksudnya?


Sebuah aplikasi baru diluncurkan di Inggris pada Senin (23/1) yang bertujuan untuk membantu para ibu hamil mendapatkan tempat duduk dalam angkutan umum.

Aplikasi bernama Babee on Board itu terdiri dari dua aplikasi pendukung yang saling berkomunikasi lewat Bluetooth.

Ketika tombol dalam aplikasi itu ditekan, orang-orang terdekat dengan aplikasi yang sama akan menerima pesan yang menyebutkan ada seseorang yang membutuhkan tempat duduk.

Aplikasi yang dilengkapi dengan tombol peringatan ini dijual seharga £3,99 (atau sekitar Rp16.601). Hasil penjualan layanan tersebut akan disumbangkan ke sebuah badan amal anak-anak.

Para pengembang aplikasi ini mengatakan mereka mengenakan biaya untuk mencegah layanan ini dipermainkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

"Sebenarnya kami lebih suka memberikannya secara cuma-cuma, namun kami perlu memastikan bahwa kami memiliki sebuah penghalang, agar orang-orang tidak mengunggahnya secara gratis dan mempermainkannya," kata Hew Leith, direktur eksekutif 10X, sebuah konsultan inovasi di Inggris yang berada di belakang aplikasi ini.

"Kami menyumbangkan 100% dari keuntungan untuk amal."

Aplikasi pendukung yang memberitahu para penumpang bahwa seseorang membutuhkan tempat duduk bisa diunduh secara gratis dan akan aktif secara otomatis jika permintaan tempat duduk dikirim.

Dua aplikasi ini bekerja "seperti walkie-talkie" kata Leith.
Syarat agar kedua aplikasi berfungsi adalah si pengguna harus menyalakan lokasi dan bluetooth pada ponsel mereka. Saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia untuk perangkat Apple.

"Kita seharusnya menggunakan mata kita, tetapi jika Anda melihat sekeliling Anda, semua orang akan mengeluarkan ponsel masing-masing segera setelah mereka duduk," kata Leith.

"Saat kami melakukan uji coba, beberapa pengguna perempuan mengatakan bahwa pada awal kehamilan adalah saat mereka merasa sangat sakit dan sangat membutuhkan tempat duduk.

"Tapi Anda tidak bisa selalu melihat dengan jelas perempuan yang tengah hamil dan Anda tidak bisa selalu melihat karena kereta begitu padat."

Sebuah lembaga yang menangani kelahiran, National Childbirth Trust (NCT) pun menyatakan dukungannya.

"Apa pun yang membantu para perempuan hamil untuk mendapatkan perjalanan yang lebih nyaman adalah hal yang baik," kata penasihat kebijakan senior Elizabeth Duff.
Analis Marina Koytcheva dari CCS Insight mengatakan perusahaannya telah mengetahui adanya peluang bisnis.

"Melakukan perjalanan dalam angkutan umum pada jam sibuk adalah tugas berat. Hal itu bahkan lebih menantang, ketika Anda tengah hamil," katanya.

"Sungguh menakjubkan apa yang teknologi bisa lakukan saat ini, namun sulit juga untuk mengatakan berapa banyak perempuan hamil yang bersedia membayar demi kenyamanan dalam menemukan tempat duduk."

Pada 2016, kota Busan di Korea Selatan berhasil melakukan uji coba skema tombol merah muda, yang melekat pada gerbong kereta dan diaktifkan melalui Bluetooth, untuk mengingatkan para penumpang bahwa ada perempuan hamil yang membutuhkan kursi.

Di London para penumpang kereta yang tengah hamil bisa mendapatkan pin gratis bertuliskan "Baby On Board" dari jaringan kereta api.(sb/bbccom)
info-terkini.com


EmoticonEmoticon