Monday, January 23, 2017

Keren Nih.. Terkait Video Gubernur Zumi Zola, Ini Tanggapan Sumarsono

info-terkini.com
info-terkini.com

Keren Nih.. Terkait Video Gubernur Zumi Zola, Ini Tanggapan Sumarsono


Direktur Jendral Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono mengatakan, pemimpin daerah memiliki wewenang untuk mengambil tindakan tegas terhadap pegawainya yang tidak disiplin.

Pria yang kerap dipanggil Soni ini menyampaikan, tindakan tersebut merupakan hak disekresi pemimpin daerah guna mendisiplinkan pegawainya.

"Itu sudah menjadi kewenangan pemimpin atau kepala daerah itu masing-masing diberikan diskresi sebagai pejabat daerah untuk mengambil tindakan terhadap jajaran staf di bawahnya," ujar Soni di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (23/1/2017).

Soni menyampaikan hal ini dalam menanggapi video Gubernur Jambi Zumi Zola yang tengah menjadi perbincangan di media sosial.
Zumi Zola

Dalam video yang diunggah oleh akun Wawan Novianto di YouTube itu, Zola tampak marah saat inspeksi mendadak di RSUD Raden Mattaher Jambi, Jumat (20/1/2017) dini hari.

Ia juga berteriak dan memaksa perawat maupun dokter jaga untuk bangun dan keluar dari ruang tempat mereka tidur. Zola juga tampak memarahi pegawai rumah sakit tersebut.

Dalam inspeksi mendadak itu, Zola mendatangi ruangan satu per satu dan melihat sejumlah perawat dan dokter yang bertugas malam itu tertidur pulas. Seketika, ia marah dan sempat membanting kursi.

Meski memiliki kewenangan, Soni mengingatkan agar pemimpin daerah tetap memegang teguh etika dari daerah yang dipimpinnya.

"Hanya saja tidak ada dalam aturan, seorang pemimpin harus mempedomani yang namanya etika pemerintahan. Etika pemerintahan adalah apa yang dirasakan, yang dipikirkan dan dirasakan baik, ukurannya memang sangat relatif," ujar Soni.(sb/kompascom)
info-terkini.com


EmoticonEmoticon