Tuesday, January 17, 2017

Hati-Hati!! "Gorila" Mudah didapat dan pernah beredar di Karanganyar

info-terkini.com
info-terkini.com

Hati-Hati!! "Gorila" Mudah didapat dan pernah beredar di Karanganyar


Tembakau Gorila disebut pernah beredar di wilayah hukum kabupaten lereng Gunung Lawu. Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjutak menilai, karena harganya yang murah, tembakau tersebut secara mudah beredar di kalangan masyarakat.

Ade mengatakan, saat penemuan itu tembakau Gorila belum masuk dalam kategori narkoba. Sehingga pihaknya belum bisa melakukan penanganan lebih lanjut.
Tembakau

"Akhir tahun lalu beredar di Karanganyar, tapi belum ditetapkan sebagai narkoba golongan I jenis tanaman. Penetapannya kan baru pada 9 Januari lalu," ujar Kapolres, Senin (16/1).

Menurut Ade, sasaran peredaran tembakau Gorila adalah kalangan pelajar. Sebab, harganya sangat terjangkau. Harga tembakau jenis itu juga lebih murah dibandingkan dengan ganja atau narkoba jenis lainnya. Selain itu juga mudah didapat.

"Meskipun harganya murah, tapi sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Efek yang ditimbulkan dari barang tersebut lebih dahsyat dari ganja, lebih mematikan dan memiliki daya candu yang tinggi," jelas Ade.

Ade menambahkan, modus peredaran tembakau Gorila dengan cara dibagi-bagikan gratis oleh pengedarnya kepada calon korban. "Mereka disuruh mencoba, seperti orang merokok pada umumnya. Setelah satu dua kali mencoba korban akan ketagihan, saat sudah seperti itu pengedar akan meminta uang setiap memberikan narkoba itu kepada korbannya. Modusnya sama seperti yang dilakukan pengedar narkoba jenis sabu atau jenis lainnya," ungkapnya.

Untuk itu Kapolres meminta kepada masyarakat terutama pelajar agar lebih berhati-hati. Ia juga meminta kalangan orang tua untuk mengawasi putra-putrinya agar tidak terjerumus ke barang haram tersebut. Ciri-ciri tembakau gorila, lanjut Ade, sangat mirip tembakau yang ada pada rokok, namun teksturnya lebih padat dan lebih hitam warnanya.(sb/merdekacom)
info-terkini.com


EmoticonEmoticon