Sunday, January 29, 2017

Chappy Hakim blak-blakan soal hubungan militer dengan Freeport

info-terkini.com
info-terkini.com
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Chappy Hakim menghadiri Kuliah Umum bertemakan Lingkungan Bisnis dan Strategis PT Freeport Indonesia di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (27/1). Dalam acara ini, Chappy menerangkan latar belakang mengapa dia dipilih sebagai pimpinan perusahaan tambang ini.

Seperti diketahui, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) periode 2002-2005, menggantikan pejabat sebelumnya, Marsekal TNI Hanafie Asnan. Kemudian digantikan oleh Marsekal TNI Djoko Suyanto.

Menurutnya, Angkatan Udara dengan pertambangan memiliki hubungan khusus. Sehingga, sangat wajar jika dirinya yang berasal dari golongan militer diangkat menjadi Presiden Direktur PT Freeport.

"Di Angkatan Udara terdapat konsep yang dinamakan pantjalaksana. Ini penjabaran dari persepsi Angkatan Udara sebagai poros dari pengelolaan national air power. Di mana kekuatan nasional di udara mencakup perindustrian, dan ternyata termasuk pertambangan, yaitu mineral, minyak, dan sebagainya," kata Chappy.

Dengan demikian, Angkatan Udara tak hanya mengatur kemiliteran, namun juga pertambangan. Ini lah yang menyebabkan Chappy Hakim dan Maroef Sjamsoedin yang sama-sama berasal dari golongan militer ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia.

"Jadi pertambangan dia adalah bagian dari national air power," imbuhnya.

Seperti diketahui, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim telah ditunjuk sebagai Presiden Direktur (Presdir) baru PT Freeport Indonesia beberapa bulan lalu. Hal ini sesuai dengan surat internal yang beredar dari President and Chief Executive Officer Freeport McMoran, Richard C Adkerson dan ditujukan kepada PT Freeport Indonesia (PTFI).

Dalam surat tersebut, Richard mengatakan bahwa Chappy telah menjadi penasehat senior PTFI sejak Agustus 2016. Chappy bergabung dengan PTFI setelah menyelesaikan karir di Angkatan Udara Indonesia, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Staf Angkatan Udara.

Penunjukan tersebut telah dilakukan setelah berkomunikasi dengan Pemerintah Indonesia dan sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan resmi dari pemegang saham.

"Dengan gembira saya mengumumkan bahwa Chappy Hakim akan ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia," tulis Richard dalam Interoffice Memorandum, Sabtu (19/11) malam.(sb/merdekacom)
info-terkini.com


EmoticonEmoticon