Di Tempat Ini Anda di Larang Ngobrol!

Tahukah kamu bahwa dari sekian banyak tempat yang ada di muka bumi ini ada suatu tempat yang di situ kamu di larang untuk  berbincang atau ngobrol dengan temanmu. 

Jadi yang masih punya kebiasaan ngobrol di tempat ini harus segera ditinggalkan. Tempat itu adalah bernama Toilet atau ada yang menyebutnya kamar kecil dan bahkan ada yang menyebutnya sebagai WC (Water Closet).

Di Toilet ini anda dilarang untuk berbincang dengan orang lain baik itu temanmu, saudaramu atau yang lainnya. Bukan hanya dilarang berbincang di tempat ini, tapi berdzikir juga sangat dilarang di tempat ini. Berikut ini dalilnya :

A. Salam Pun Tak Dijawab


عَنِ ابْنِ عُمَرَ، رَضِي اللَّهُ عَنْهُما، أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ يَبُولُ، فَسَلَّمَ، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, bahwasanya ada seorang lelaki melewati Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam yang sedang buang air kecil (kencing), ia pun mengucapkan salam, namun beliau tidak menjawabnya...” (HR Muslim: 370)

B. Sesuatu Yang Bertuliskan Allah


Hendaknya kita tidak membawa ke WC segala sesuatu yang bertuliskan nama Allah dan sejenisnya sebagai upaya mengagungkan syiar Allah. (QS Al-Hajj: 32)


Catatan:
1. Telah shahih hadits yang menerangkan bahwa Nabi shallallahu'alaihi wasallam memiliki cincin bertuliskan “Muhammad Rasulullah” (HR. Bukhari, Muslim)

Namun riwayat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwa beliau berkata,

كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ وَضَعَ خَاتَمَهُ
“Biasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam apabila memasuki kamar mandi, meletakkan cincinnya..." (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Periwayat hadits, yakni Abu Daud menyatakan bahwa ini hadits munkar, dan diingkari pula oleh Syaikh al-Abani rahimahumallahu ta'ala.

2. Hendaknya berhati-hati pula membawa hp di kamar kecil (WC) dengan aplikasi yang sedang tampil berjalan atau wallpaper yang tertera bertuliskan ayat al-Qur'an atau lafadz Allah.

3. Segera keluar dari WC apabila urusan telah selesai, tidak berlama-lama di dalamnya.