Contoh, Membaca dan Menanggapi Rubrik Khusus, serta penjelasannya

Contoh, Membaca dan Menanggapi Rubrik Khusus, serta penjelasannya


Membaca dan Menanggapi Rubrik Khusus



A. 4 Langkah Membaca Artikel


Pada pembelajaranku kali akan mennjelaskan mengenai langkah-langkah memaca artikel dan menanggapi rubrik khusus serta penjelasan-penjelasannya. Nah untuk memulai pembahasan kali ini kita mulai dengan langkah-langkah dalam membaca artikel. Jika ingin mengetahui pikiran pokok artikel kitapun harus membaca artikel itu secara sekilas. Dalam membaca sekilas artikel, kita harus menerapkan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Membaca judul dan paragraf pendahuluan dengan cepat. 
  2. Membaca paragraf-paragraf berikutnya dengan cepat dan menuliskan pikiran pokok setiap paragraf. 
  3. Memahami isi bacaan melalui pikiran-pikiran pokok paragraf. 
  4. Memberi tanggapan terhadap isi bacaan.
Berikut penyajian lengkap artikel “Punya Hobi Itu Mengasyikkan” dari salah satu rubrik. Bacalah artikel ini sekilas. Praktikkan langkah-langkah membaca artikel di atas!

Punya Hobi Itu Mengasyikkan

Kawan-kawan pasti punya hobi dong. Ada yang bilang hobinya tidur, main PS (Play Station), main sepeda, atau sepak bola. Tetapi hobi itu apa sih dan mengapa hobi tiap orang berbeda? Hobi berasal dari bahasa Inggris, hobby artinya kegemaran atau kegiatan yang dilakukan pada waktu senggang. Hobi seseorang tidak harus sama dengan hobi anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakak, atau adik. 
Contoh Membaca dan Menanggapi Rubrik Khusus serta penjelasannya

Hobi seseorang biasanya tidak beda jauh dengan hobi orang-orang terdekat. Hobi biasanya terbentuk oleh lingkungan. Misalnya bapak atau ibunya seorang penulis, biasanya anaknya mempunyai hobi membaca, menulis, atau menggambar. Hobi ada yang dilakukan sendiri, seperti membaca, menulis, menggambar, menyanyi, dan main piano. Sedangkan hobi yang harus dilakukan dalam sebuah tim atau berkelompok adalah jenis permainan atau olahraga seperti voli dan sepak bola.

Mencari Hobi

Memilih hobi yang cocok dengan keinginan kita itu tidak gampang. Kita lihat yuk caranya:
  1. Amati kebiasaanmu pada waktu senggang. Mungkin tanpa sadar kamu sudah menemukan hobi. 
  2. Bertanya kepada orang tua. Mereka lebih mengenalmu daripada orang lain. Nah, orang tua akan mengarahkan sesuai dengan bakat dan minatmu. 
  3. Lihat hobi atau kegemaran kakak atau adik di rumah, atau teman-teman dekatmu. Siapa tahu minatmu sama dengan mereka. 
  4. Jangan bosan mencari. Coba dan coba lagi beberapa kegiatan yang diminati sampai kamu yakin dengan pilihanmu.

Apa sih manfaat hobi?

  1. Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Waktu luang tidak hanya diisi dengan tidur, main PS, atau ngerumpi. Hobi membaca atau menulis kelihatan-nya hobi yang sederhana, tetapi manfaatnya besar sekali. 
  2. Mengasah kreativitas. Kita harus terus berpikir dan berusaha agar hobi itu tidak membosankan, dapat menambah pengetahuan, dan berkembang menjadi lebih baik. 
  3. Menambah teman. Hobi apa pun, baik yang dikerjakan sendiri, seperti menulis atau filateli (koleksi perangko), maupun yang dikerjakan berkelompok akan menambah teman. Untuk berkembang, kita perlu bergaul dengan teman-teman sehobi. 
  4. Menambah uang saku. Hobi yang ditekuni bisa membawa keuntungan berupa uang. Kamu, misalnya, suka menulis cerpen. Jika cerpenmu diterbitkan di majalah, kamu akan mendapatkan honor. Atau seperti penyanyi Tasya yang memulai kariernya dari hobi menyanyi. Apa pun pilihan hobimu, jangan sekadar iseng. Lakukan dengan serius dan sepenuh hati. oleh: RETNOWATI Sumber: Kompas, Minggu, 9 April 2006


Contoh Contoh Menanggapi Rubrik Khusus


Contoh tanggapan 1:

Saya senang memperoleh berbagai informasi tentang hobi dari artikel ”Punya Hobi itu Mengasyikkan”. Namun ada hal yang ingin saya tanyakan sehubungan dengan hobi. Pertanyaan saya, ”Bagaimana hubungan antara hobi seseorang dengan bakat? Bagaimana pula cara mengetahui bakat seseorang?”

Contoh tanggapan 2:

Artikel berjudul ”Punya Hobi itu Mengasyikkan” bisa memberi panduan kepada pembaca mengenai cara memilih hobi dan manfaat hobi. Artikel tersebut cukup bagus dan bermanfaat, terutama bagi anak-anak yang tengah mencari-cari hobi yang sesuai. Namun, menurut saya artikel itu kurang lengkap. Akan lebih lengkap dan lebih menarik lagi jika artikel itu ditambah dengan uraian cara mengembangkan hobi.