Contoh Proposal PTK (PTK Matematika SMP)

Contoh Proposal PTK (PTK Matematika Bab2)

Berikut ini Contoh Proposal PTK mata pelajaran Matematika SMP Bab yang ke-2

PTK Guru Matematika

BAB II
KAJIAN PUSTAKA


A. Pembelajaran Matematika

Pembelajaran Matematika adalah Pembelajaran tentang gagasan / konsep serta hubungan yang ada di antara gagasan atau konsep tersebut.

B. Hasil Belajar

Setiap saat manusia selalu mengalami proses pembelajaran. Dalam proses belajar diharapkan akan diperolah hasil belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik dalam kognitif, afektif maupun psikomotor. Dalam penilitian  Suroso(2001) ditulisakan bahwa seseorang dikatakan melakukan kegiatan belajar, setelah ia memperoleh hasil yaitu terjadinya perubahan. Misalnya; dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti. 

Perubahan yang terjadi setelah  melaksanakan proses belajar merupakan hasil dari proses belajar itu sendiri. Menurut Waluyo (2007:2.16) Hasil belajar adalah hasil prestasi yang dicapai oleh peserta didik setelah melakukan proses belajar mengajar. Sedangkan Sudiyarto dalam Waluyo (2007:2.14) menyebutkan bahwa hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh  peserta didik  dalam mengikuti program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan. 

Hasil belajar itu sendiri adalah proses akhir dari belajar yang digambarkan dengan nilai berupa angka atau simbol. Hal ini sesuai dengan Good dalam Sukardi (2008:214) ”Grade adalah simbol (angka, huruf, atau kata) yang menggambarkan nilai pertimbangan yang berkaitan dengan kualitas peserta didik dalam berprestasi selama periode pelajaran”. Sehubungan dengan pendapat ini, pendidikan akhirnya bertujuan untuk membimbing peserta didik kearah kebebasan dan kemerdekaan, mengetahui yang baik dan yang buruk, dapat melakukan pilihan apa yang dilakukannya dengan penuh tanggung jawab sebagai hasil belajar, dan menentukan hasil belajar dengan bentuk huruf atau angka.

Hasil belajar  dalam penelitian yang dimaksudkan adalah skor yang diperoleh oleh peserta didik pada mata pelajaran matematika dalam bentuk angka yang diberikan oleh guru setelah melaksanakan tugas yang diberikan.

C. CD INTEERAKTIF

Dalam pembelajaran matematika di perlukan wahana penyalur pesan atau informasi belajar, karena dalam pembelajaran dapat terjadi salah komunikasi hal ini bisa di sebabkan karena guru kurang mampu dalam menyampaikan informasi. Untuk menghindari kemungkinan terjadinya salah komunikasi, maka diperlukan Media Pembelajaran yang menurut Darhim (1993) berfungsi sebagai :
Menghindari kesalahan komunikasi
Meningkatan hasil proses belajar mengajar
Membangkitkan minat belajar
Menyajikan konsep matematika yang abstrak kedalam bentuk kongkrit
Membantu daya ingat/ daya titik siswa
Melihat hubungan antara konsep matematika dengan alam sekitarnya.

Juga menurut Blacked an Horalse (1993) dikatakan bahwa media adalah saluran komunikasi atau perantara yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan pesan dimana perantara ini meerupakan jalan atau alat lalu lintas suatu pesan antara komunikator dan komunikan.

Media pembelajaran saat ini sudah semakin beragam, mulai dari media konvensional seperti buku dan alat peraga tradisional sampai dengan media modern audio visual berupa kaset tape, VCD (Video Compact Disk), maupun alat paraga modern lainnya. Dengan beragam media tersebut, maka suatu sistem pembelajaran yang dapat menghadirkan suasana menyenangkan mutlak diperlukan. Oleh karena itu tidak salah jika CD Interaktif merupakan salah satu alternatif media yang dapat menjawab kebutuhan tersebut.

CD Interaktif merupakan sebuah media yang menegaskan sebuah format multimedia dapat dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dengan tujuan aplikasi interaktif di dalamnya. CD ROM (Read Only Memory) merupakan satu-satunya dari beberapa kemungkinan yang dapat menyatukan suara, video, teks, dan program dalam CD (Tim Medikomp, 1994).

Menurut praktisi media Augus Savara dalam program e-Lifestyle Metro TV, Sabtu 9 Agustus 2003, kelebihan CD Interaktif antara lain:
Penggunanya bisa berinteraksi dengan program komputer
Menambah pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud adalah materi pelajaran yang    disajikan          CD Interaktif
Tampilan audio visual yang menarik
Di katakana juga oleh Suyanto (2003 : 18) keunggulan CD Interaktif dapat membantu mempertajam pesan yang disampaikan dengan kelebihannya menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. (Suyanto, 2003: 18).